Menyambungkan Dua Jenis Pipa yang Berbeda Material

 Instalasi perpipaan yang ada disuatu bangunan tentu membutuhkan beberapa tipe material pipa untuk menjalankan manfaatnya masing- masing. Mulai dari pipa air bersih yang biasa dipakai di Indonesia merupakan pipa PVC (Polyvinyl Chloride) kelas AW/ VP, pipa HDPE (High Density Polyethylene) serta pipa PPR (Polypropylene Random). Lalu pipa air buangan yang tak sedikit dipakai berbahan PVC kelas D/ VU serta Polypropylene Mineral Reinforced untuk pipa air buangan panas yang bisa mereduksi kebisingan ajaran air buangan.

Menyambungkan Dua Jenis Pipa yang Berbeda Material


 Tidak jarang kali para plumber alias aplikator pipa wajib menyambungkan dua tipe pipa yang tak sama bahan untuk memenuhi kebutuhan pada sebuahbangunan. Lalu bagaimana tutorial menyambungkan dua tipe pipa yang tak sama bahan tersebut?

 Sebagai contoh dari penyambungan yang paling tak jarang diperbuat antara dua tipe pipa yang tak sama merupakan pada jaringan air bersih dari PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) yang biasa memakai pipa HDPE sebagai main line serta untuk mengalirkan air bersih ke bangunan maka diperlukan penyambungan ke pipa PVC.

 Penyambungan yang diperbuat tak memakai lem alias penyambungan dengan metode kimiawi sebab semacam yang telah kami ketahui dua meterial yang tak sama bakal sangat susah bersenyawa. Sehingga penyambungan metode mekanikal alias dengan ulir merupakan tutorial yang paling cocok.

 Metode penyambungan dua bahan pipa yang tak sama dengan ulir bisa memakai fitting alias sambungan clamp saddle, flange, valve socket (sok drat luar) yang digabung dengan faucet socket (sok drat dalam) alias dengan union thread (water mur). Dibawah ini merupakan foto contoh dari koneksi- koneksi antar dua pipa yang tak sama bahan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menanggulangi Banjir

Proses Penyambungan Pipa Dengan RUGlue Tidak Perlu Diputar

Food Grade Pada Pipa Plastik